Total Tayangan Halaman

Senin, 19 November 2012

MPR, APEKSI-APKASI Teken MoU


Pertemuan Bupati/walikota se Iindonesia dalam rangka pembukaan sosialisasi empat pilar kebangsaan dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara MPR dengan Bupati dan Walikota se Indonesia digelar di Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI Senin (19/11) hari ini.
Hadir dalam acara tersebut Walikota Manado, DR.Ir. GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA selaku Ketua APEKSI, Wakil ketua MPR RI Hj Melani Leimena Suharli, sejumlah anggota MPR dan DPD serta seluruh Bupati dan Walikota se Indonesia.
Dikatakan Vicky-sapaan akrab Walikota, salah satu upaya untuk menyelesaikan persoalan bangsa yang datang baik dari luar maupun dalam, harus kembali berpegangan dengan anjaran leluhur bangsa atau the founding fathers. Dengan kembali mensosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yang saat ini lebih populer disebut empat pilar kebangsaan,
"Yakni pertama Pancasila, undang-undang dasar 1945, negara kesatuan RI hingga Bhineka Tunggal Ika," tegas Vicky dalam kegiatan tersebut.
Meski dikatakannya, saat ini ada yang beranggapan bahwa empat pikar tersebut hanyalah sekedar slogan saja. Dan bahkan ada yang beranggapan bahwa empat pilar ini sekedar jargon politik saja.
"Padahal jika kita tinjau bersama makna dan definisi pilar sebenarnya adalah tiang penyangga suatu bangunan dan memiliki peran yang sangat sentral," ujar Walikota.
Dalam konteks APEKSI, sejak berdirinya organisasi tersebut telah berupaya untuk menumbuhkembangkan nasionalisme."Semenjak tahun 2000 APEKSI telah menggelar kegiatan kesenian dari berbagai budaya dan daerah, pawai budaya serta mempromosikan UKM di setiap kegiatan APEKSI," tuturnya.
Wakil ketua MPR Hj Melani Leimena Suharli dalam kesempatan tersebut juga mengatakan, pemantapan 4 pilar kebangsaan harus di mulai dari daerah.
"Sebab Bupati dan Walikota adalah stakeholder di daerah. Sehingga peran dari pemerintah di daerah sangat penting," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar