Total Tayangan Halaman

Selasa, 27 November 2012

Sisters City Manado-Liverpool

Walikota Manado dan Tim Meninjau Ruangan Lord Mayor Liverpool

Walikota Manado DR Ir G S Vicky Lumentut SH M.Si DEA Menandatangani MOU Sisters City Manado-Liverpool

The Lord Mayor Sharon Sullivan Sedang Menandatangani MOU Sisters City Manado-Liverpool

Walikota Manado Berbincang-Bincang Dengan Lord Mayor dan Dubes Indonesia

Walikota Manado Foto Bersama Lord Mayor, Dubes Indonesia dan Staf Khusus

Walikota Manado Foto Bersama Lord Mayor, Dubes Indonesia dan Tim
Hari minggu siang, sesudah ibadah pentahbisan dan peresmian gedung Gereja GMIM Kharisma Buha Manado, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH M.Si DEA, berangkat ke jakarta dan bergabung dengan tim kecil di Jakarta, kemudian langsung lanjut perjalanan dengan pesawat Etihad jam 18.30 WIB, menuju Abudhabi, mengusung misi mulia membawa amanah menjalin kerjasama dengan Liverpool. Perjalanan memakan waktu hingga 7 jam lebih, rombongan kemudian tiba jam 23.25 malam waktu Abudabhi.
Selanjutnya Pukul 02.25 subuh Waktu Abudabhi, dengan pesawat Etihad lainnya take off menuju Manchaster Inggris, setelah menempuh perjalanan 7 jam lebih, akhirnya tim tiba di Manchaster pukul 06.30 waktu setempat dengan selamat. Tim dimpimpin langsung oleh Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH M.Si DEA.
Setiba di Manchester rombongan dijemput DR Alexander M, kemudian menuju Liverpool dengan kendaraan, dan sekitar 1 jam tiba di Merseyside. Lalu  dijemput petugas pelabuhan dan didepan pantai yang indah mendapatkan penjelasan tentang kapal pelayaran (cruise) di Liverpool termasuk tempat peluncuran kapal pesiar Titanic.
Lebih kurang 1 jam kemudian perjalanan lanjut ke kantor dan tempat kapal penyelamat di laut teluk Liverpool. Selanjutnya menuju hotel dan tiba Jam 13.00 siang. Berselang beberapa saat, waktu kedatangan Duta Besar (Dubes) RI untuk London bapak Hamzah Thayeb bersama isteri serta Wakil Dubes bapak Harry J Kandou dan isteri beserta staf pukul 14.10 siang waktu setempat.
Selanjutnya tim Pemkot Manado menuju kantor Lord Mayor Liverpool, tiba pukul 17.00 sore atau hari Senin sekitar jam 24.00 malam waktu manado.
Udara di Liverpool kurang lebih 6 derajat celsius, tapi karena disertai hujan dan angin maka udara terasa sangat dingin oleh tim dari Manado yang berasal dari daerah Tropis.
Walikota Manado dan rombongan juga bersama Dubes RI dan the Lord Mayor of Liverpool Councillor Sharon Sullivan diruang tamu khusus, bincang-bincang tentang Indonesia dan perkembangan Kota Manado sebelum penandatanganan Memorandum of Understanding Sisters City antara Kota Manado dan Liverpool.
Untuk diketahui MOU Sisters City Manado dan Liverpool meliputi kerjasama bidang Pariwisata, Pendidikan dan Latihan, Budaya, Lingkungan Hidup, Kesehatan dan Olahraga.
Disisi lain Lord Mayor of Liverpool Councillor Sharon Sullivan mengajak Walikota, Dubes serta tim meninjau ke ruang yang ada dikantornya sampai diruang sidang DPR Liverpool. Hal yang menarik melihat lukisan dr Lord Mayor pertama yang dibuat tahun 1741 yang masih bagus termasuk kursi kerjanya yang masih ada sampai sekarang.
Untuk diketahui, Liverpool kota pantai dan kota tempat peluncuran kapal pesiar Titanic dimana tangga kapalnya mengambil contoh tangga di kantor Councillor Sharon Sullivan serta kota pemusik legendaris The Beatles dan kota bola yakni klub Liverpool dan klub Everton. Disamping itu dalam dunia pendidikan ada 4 universitas terkemuka di Liverpool, dan khusus di Liverpool university terdapat fakultas kedokteran yang terbaik didunia.(anq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar